Protoman - Mega Man

Pages

Jumat, 16 Maret 2012

Kebudayaan Yang Ada Di Indonesia


                   Kebudayaan Yang Ada Di Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN


l.1 Latar Belakang

         Assalamualaikum Wr.Wb , Pertama-tama Marilah Kita Panjatkan Puji Syukur kepada Allah SWT karena berkat Rahmat-Nya kita bisa membuat makalah ini, Oleh karena itu kami akan Membahas Tentang Pengertian Kebudayaan itu sendiri lalu Kami mengambil contoh dari Kebudayaan yang Ada Di Indonesia,  Sebelum kita memulai dan membahas kita harus bisa mengetahui tentang Kebudayaan itu apa? kita harus tahu dulu tentang arti dari budaya itu sendiri? Budaya adalah  satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah negara terlebih untuk Indonesia yang dikenal sebagai negara yang berbagai macam budaya. Budaya atau kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat karena semua aspek dalam kehidupan masyarakat dapat dikatakan sebagai wujud dari kebudayaan, misalnya gagasan atau pikiran manusia, aktivitas manusia, atau karya yang dihasilkan manusia.
Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga dengan baik oleh para penerus bangsa. Budaya  Indonesia beranekaragam sesuai masing-masing daerah nya  Kebudayaan bangsa (Indonesia) adalah puncak-puncak kebudayaan di daerah ini”.
Hal ini menjadi satu kebanggaan sekaligus suatu tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya lokal yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya lokal. Tugas ini tentunya dikhususkan bagi generasi penerus bangsa yang mulai mengabaikan pentingnya peranan budaya lokal untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa. Padahal ketahanan budaya bangsa merupakan salah satu identitas negara di mata Internasional.

1.2 Tujuan

         Mempelajari budaya  bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang budaya  yang dimiliki oleh negara Indonesia. Makalah ini juga dibuat agar yang membaca ini bisa mengetahui permasalahan yang terjadi terkait dengan pengertian  budaya, kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi dalam mempertahankan peran budaya ini. Meningkatkan ketahanan budaya bangsa dengan adanya pembangunan nasional Negara Indonesia kita ini dan
Memelihara rasa soliditas sosial yang tinggi antar setiap manusia untuk tidak kehilangan kesadaran diri ,tidak kehilangan jati diri seorang bangsa Indonesia ini dan supaya tidak terpengaruh dengan kebudayaan asing maupun dalam hal bergaul itu sendiri. Sasaran
Sasaran penyusunan makalah ini adalah semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang awam tentang keadaan budaya lokal. pembuatan makalah ini adalah kalangan generasi penerus bangsa yang memang harus mempelajari serta memahami arti kebudayaan. Mengapa? Karena dimasa mendatang budaya local ini akan dipegang oleh generasi penerus yang akan menentukan ketahanan budaya bangsa di masa yang akan datang. Makalah ini diharapkan dapat memberi gambaran mengenai masalah budaya lokal serta cara mengatasinya.
Meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap keragaman budaya dan interaksi antar budaya, pentingnya toleransi, dan penyelesaian masalah tanpa kekerasan.Terkelolalanya kekayaan budaya bangsa yang didukung oleh kerjasama yang sinergis antar pihak terkait dalam aspek perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kekayaan budaya sesuai dengan peraturan yang berlaku, agar aset budaya dapat berfungsi optimal sebagai sarana edukasi, rekreasi, serta pengembangan kebudayaan dan ekonomi kreatif berbasis budaya.

1.3 Pembahasan dan Permasalahan

       Kebudayaan, kesenian, Hukum, adat istihadat dan setiap kemampuan lain dan kebiasaan yang dimiliki oleh manusia sebagai anggota suatu masyarakat dan ciri khas bangsa Indonesia ini. Misalnya permasalahan dikalangan manusia pada saat ini yang terjadi adalah: dari alat-alat yang paling sederhana seperti asesoris perhiasan tangan, leher dan telinga, alat rumah tangga, pakaian, non materil adalah unsur-unsur yang dimaksudkan dalam konsep norma-norma, nilai-nilai, kepercayaan / keyakinan serta bahasa.
       Kebudayaan lokal Indonesia yang beranekaragam menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi kepada generasi selanjutnya. Budaya lokal Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri. Seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup masyakat yang lebih modern. Akibatnya, masyarakat lebih memilih kebudayaan baru yang mungkin dinilai lebih praktis dibandingkan dengan budaya lokal.
        Kekhasan budaya lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia memliki kekuatan tersediri. Misalnya rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Kekhasan budaya lokal ini sering kali menarik pandangan negara lain. Terbukti banyaknya turis asing yang mencoba mempelajari budaya Indonesia seperti belajar tarian khas suat daerah atau mencari barang-barang kerajinan untuk dijadikan buah tangan. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa Indonesia memiliki cirri khas yang unik.
           
         Banyak faktor yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini, misalnya masuknya budaya asing , dalam hal bergaul dan masih banyak lagi yang tidak tercantum disini, Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian dan norma yang dilakukan tiap kebudayaan bangsa ini. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal. Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negranya.


Hal yang membuat Indonesia menjadi lemah ialah karena berbagai faktor, yaitu :
     Kurangnya kesadaran masyarakat
    Sebagai masyarakat dan bangsa yang berbudaya perhatian kita terhadap budaya lokal sangat kecil
    Semakin tergerusnya budaya lokal di indonesia oleh ekspansi budaya global
    Keterbatasan dana dan kurangnya fasilitas dalam kegiatan penyelenggaraan melestarikan budaya


1.4 Penutup dan Kesimpulan

      Budaya, satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah negara terlebih untuk Indonesia yang mempunyai beraneka ragam dengan Kebudayaan nya sendiri yang bermacam-macam , dan menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi kepada generasi selanjutnya. Budaya lokal Indonesia sangat membanggakan karena memiliki keanekaragaman yang sangat bervariasi serta memiliki keunikan tersendiri. Dari dalam hal suku, bahasa, rumah tradisional, alat tradisional dan masih banyak lagi dan Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati dan dijaga dengan baik oleh para penerus bangsa itu sendiri
       Kesimpulan dari yang mencakup diatas tadi bahwa Hal ini menjadi satu kebanggaan sekaligus suatu tantangan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat mempertahankan budaya lokal yang ada di tengah banyaknya pengaruh budaya asing yang dapat merusak budaya lokal. Tugas ini tentunya dikhususkan bagi generasi penerus bangsa yang mulai mengabaikan pentingnya peranan budaya lokal untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa. Padahal ketahanan budaya bangsa merupakan salah satu identitas negara di mata Internasional..
Sekian dari makalah ini semoga Pembaca yang melihat makalah ini semoga bermanfaat dan kurang lebihnya mohon dimaafkan Terima Kasih  . WassalamuAlaikum Wr.Wb.



Sumber yang didapat :  http://albertus19.wordpress.com/
                                           Dari Google & Wikipedia.com
                                          http://yudhim.blogspot.com/



1 komentar:

  1. menurut saya, untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia kita harus mengenal terlebih dahulu kebudayaan" yang ada di Indonesia. caranya yaitu melalui lingkungan yang kecil yaitu keluarga. dimana keluarga sangat berpengaruh besar dalam mewariskan kebudayaannya. contohnya didalam keluarga otomotis mereka berbicara dengan bahasa daerahnya sendiri.

    dwiyonandassy.student.ipb.ac.id

    BalasHapus