DEFINISI
WEB SCIENCE DAN SEJARAH WEB SCIENCE
Pengertian
Web Science :
Web Science adalah ilmu
pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman
yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun
gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat
membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link.
Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi
masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.
Sejarah
Web Science :
Web Science didirikan
pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence
ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan
University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung
sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan,
konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai
area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus
pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii)
mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat
pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan
aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para
direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama
dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam
pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web.
the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan
disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang
memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web
Science pada masyarakat luas.
Sejarah
WEB:
WWW atau World
Wide Web. Sebuah kata yang sangat tindak asing di telinga kita. Terutama anda
yang sering mondar -mandir di dunia maya. Jika ingin masuk ke suatu website
pasti anda mengetik awalan tersebut. Misalnya anda ingin membuka akun facebook
anda, di kotak alamat anda pasti mengetikkan www.facebook.com. tahukah anda
sejak kapan penulisan www mulai dipakai di jagat web?.
Sejarah Web
bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di
kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu
organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim
Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem
distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang
tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan
informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser
pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link,
dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu
nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web. Kebanyakan software tersebut
dibuat untuk komputer-komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum
banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer saat itu yang telah
menggunakan Windows. Tetapi semua ini berubah setelah munculnya browser Mosaic
dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications).
Di bulan Mei
1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk
sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam
beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama
maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic
lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Di bulan Mei
1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk
sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam
beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama
maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic
lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun
1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah
satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran
Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan
sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah
Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal
perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar
50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar
300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah
mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
Pre-Web Memex :
Sejarah Memex :
Sejarah
Memex yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi
World Wide Web. Memex (singkatan dari "memory extender") , adalah
nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia
usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The
Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks
yang saat ini telah ada. Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam
pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut
dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga
tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan
sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia
dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah
Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal
saat ini yaitu hypertext.
Pengertian Memex :
Memex
(singkatan dari "memory extender") , adalah nama yang diberikan oleh
Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As
We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex
disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang muncul kemudian.
As We May Think adalah sebuah esai yang
ditulis oleh Vannevar
Bush, dan pertama kali dipublikasikan pada The Atlantic Monthly pada bulan Juli 1945 Dalam artikel tersebut Bush
melemparkan pendapatnya bahwa seiring selesainya perang (PD 2), usaha-usaha
para ilmuwan harus digeser dari yang tadinya meningkatkan kemampuan fisik
(untuk perang), ke arah usaha-usaha yang dapat memudahkan akses terhadap
seluruh pengetahuan yang didapat manusia.
Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara
fisik Memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan
layar, keyboard,
tombol dan pengungkit (lever) serta tempat penyimpanan microfilm.
Informasi yang tersimpan dalam microfilm dapat diakses dengan cepat dan
ditampilkan melalui layar yang disediakan. Sebagaimana otak manusia membentuk
memori melalui asosiasi neuron, pengguna dapat menghubungkan dokumen-dokumen
yang tersimpan pada Memex. Bush menyebut konsep ini sebagai “associative
trails”, setiap trail nantinya dapat dilengkapi dengan komentar
tambahan untuk memperjelas hubungan antar dokumen yang dihubungkan. Untuk
melengkapi idenya, Bush memberikan ilustrasi berupa skenario pengguna yang
ingin mempelajari busur dan anak panah, yang pada akhirnya menelusuri dokumen
hingga sampai kepada dokumen yang membahas tingkat elastisitas material dan
kaitannya dengan kemampuan busur melecutkan anak panah.
Dalam artikel tersebut, metode pencarian dilakukan dengan memasukkan
sejenis kode yang harus dicatat dan diindeks secara manual setiap pengguna
Memex memasukkan informasi baru. Dari kode tersebut nantinya pengguna dapat
mengakses informasi tertentu sebagai entry point, kemudian melakukan
pelacakan ulang terhadap informasi yang tersimpan berdasarkan asosiasi yang
menghubungkan dokumen yang menjadi entry point tadi. Ilustrasi bentuk Memex
yang menggunakan meja, layar dan keyboard dapat dikatakan mirip dengan bentuk
Personal Computer masa kini. Konsep Associative trail yang ia usulkan mirip
dengan teknologi hypertext yang muncul pada era 60-an, dan juga bentuk dari
tautan informasi pada jaringan Internet (World Wide Web). Secara eksplisit Bush
dalam artikel tersebut juga meramalkan dengan sangat dekat akan kemunculan
ensiklopedia-ensiklopedia yang lengkap dengan “associative trail” dan dapat
digabungkan satu sama lain. ( http://id.wikipedia.org/wiki/As_We_May_Think
)
Pre-Web
Hypertext
Pengguna di internet atau
di intranet dapat membuat halaman web dan antara halaman web yang satu dengan
yang dapat terjadi link, hal ini dapat terjadi bila menggunakan Hypertext
Transfer Protocol (HTTP). Setiap halaman web, termasuk home page untuk web
site, memiliki alamat yang unik yang dikenal dengan Uniform Resource Locator
(URL).
Halaman web adalah
hypertext document (file yang memiliki format Hypertext Markup Language (HTML))
yang memiliki hyperlink.
Dalam komputer, hiperteks adalah paradigma
interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang
otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih hiperlink
menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat
singkat.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu,
sebuah sistem hiperteks yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani,
menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan
baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen
referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif.
Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia berada dengan
bantuan jaringan komputer seperti internet. Implementasi paling terkenal dari
hiperteks adalah World Wide Web. Istilah "hiperteks" sering
kali digunakan di mana istilah hipermedia lebih cocok bila digunakan. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext
)
Sejarah HIPERTEXT
Merupakan
salah satu varian dari SGML (Standard Generalized Markup Language), yaitu
sebuah standar dari ISO (International Organization for Standarization) untuk
pertukaran dokumen secara elektronik. HTML sendiri secara formal diumumkan
sebagai RFC 1866. Yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol
HTTP. Tata penulisan yang digunakan dalam dokumen Web. Dokumen ini, akan
dieksekusi oleh browser, sehingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen
sesuai dengan keinginan yang mendesain page. Dokumen ini mempunyai kemampuan
menampilkan gambar, suara, teks, maupun penyediaan link terhadap halaman web
lainnya, baik dengan alamat yang sama serta alamat yang berbeda.
Pre-Web Internet :
Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah Internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga
langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".
Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika
Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang
ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang
sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan
sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris
berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di
Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link.
Karena
komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan
sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk
Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang
dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara
Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail
dan newsgroup USENET.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
Tahun
1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC
atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari
100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang
paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser
yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun
1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta
komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Manfaat Internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal
yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat
menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang
sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap
anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk
lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya
para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian
dari masyarakat informasi dunia.
Pre-Web Usenet
Sejarah
Usenet
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim
Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini
pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel
atau posting, dan secara kolektif disebut berita) ke satu
kategori atau lebih yang disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin
Board System
(BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang
banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat
elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan
ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan BBSes,
meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.
Salah satu perbedaan penting antara BBS atau forum web dan Usenet adalah
tidak adanya server pusat dan administrator khusus. Usenet didistribusikan
antara konglomerasi besar yang terus berubah dari peladen-peladen yang
menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya. Peladen-peladen ini secara
longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap. Polanya mirip dengan peta transportasi
kota yang kompleks. Ada beberapa cara untuk sampai ke titik manapun di kota.
Jika salah satu jalan akan diblokir karena alasan tertentu, ada jalan lain
selalu tersedia untuk sampai ke sana. Dengan cara ini, Jaringan Pengguna atau
Usenet memungkinkan artikel yang diposkan ke newsgroup sampai ke banyak tujuan
dengan cepat. Seorang pengguna dapat membaca pesan dari peladen dan menuliskan
pesan ke peladen lokal yang dioperasikan oleh penyelenggara jasa internet,
universitas atau perusahaan. Peladen kemudian saling bertukar pesan satu sama
lainnya, hingga pesan tersedia bagi pembaca di luar peladen asli.
Pengertian
Usenet
Usernet adalah sistem diskusi Internet yang
terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
Kelebihan
:
-Usenet memungkinkan untuk
bertukar informasi secara kompleks dan lengkap.
-Mempunyai system yang hampir
sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas
dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat
membaca pesan dari dan ke server lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia
layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu
berpengaruh.
Kekurangan
:
-Usenet bukan organisasi,
demokrasi, hak, jaringan akademis, media iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada
kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan
kesalah pahaman dalam hal kajian informasi.
Pre-Web
Ftp
FTP (File Transfer
Protokol)adalah salah satu protocol tertua yang pernah ada di internet.
Walaupun sudah tua FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan
oelh pengguna internet terutama untuk mendownload software atau hal lainnya.
FTP telah ada semensemenjak dua puluh tahun di sejarah internet sehingga
protocol ini sudah memiliki standard yang baik. Fungsi FTP ini lebih banyak
dikenal oleh orang-orang yang bekerja di dunia website atau pelayanan
pengiriman file-file di internet.
Protokol
pengiriman berkas (bahasa Inggris File Transfer
Protocol)
adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar
untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah
Antarjaringan.FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format
ftp://namaserver
Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login yakni dengan menggunakan nama pengguna
anonymous
dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp )Pre-Web Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang
dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher
disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi
akhirnya gagal mencapai popularitas. Gopher diciptakan oleh Mark McCahill dan
timnya di University of Minnesota pada 1991.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang tidak didukung oleh native
Web dan menerapkan hierarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan
di dalamnya. Menu teks antarmuka yang mudah digunakan, dan cocok untuk
lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remot teks berorientasi
terminal komputer, yang masih umum pada saat pembentukannya pada tahun 1991,
dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien.
Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna
untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher
ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih
terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.
WEB 1
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang
merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja
dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi
pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki
sifat yang sedikit interaktif boleh dibilang pada web 1.0 ini bersifat
read-only.
Beberapa ciri
atau karakteristik web 1.0. adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya
berfungsi untuk menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang
‘hanya’ memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online
tapi tidak ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui
e-mail, sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
WEB 2
Sejarah WEB 2
:
Web 2.0 setelah Web 1.0 diluncurkan berkembanglah Web
2.0. Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada
tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi
dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang
dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan
pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai
generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, perangkat
komunikasi, dan folksonomi yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar
pengguna. O'Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International,
menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak
2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2 )
Prinsip-prinsip Web 2 :
- Web sebagai platform
- Data sebagai pengendali utama
- Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi
- Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan "open source")
- Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
- Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
- Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
WEB 3
Web 3.0 definisi untuk
Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai
kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand . Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada
dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang
dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents).
WEB SCIENCE
Kelahiran Web Science didorong oleh
pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada
tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Sejarahnya web science muncul dari
sebuah riset para ilmuan-ilmuan. Web science adalah ilmu pengetahuan
untuk membuat dan memanipulasi web. Pada Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus
pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Tujuan
dari web science : untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari
web itu sendiri dan bagaimana kita dapat memanfaatkan web tersebut untuk
melakukan hal yang positif.
Berbagai
riset pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
- trend perkembangan Web
- tantangan dalam pengembangan Web
- mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online
- pentingnya hal sosial seperti menghargai hak privasi
- mengidentifikasikan varian dari penelitian Web Secara ringkas
Bernes-Lee
mengatakan Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah
bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini
melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan
terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan
inovasi apa yang dapat dilakukan.
Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar
belakang industri maupun peneliti akademisi.
Dampak Postive Dari Internet untuk sosial :
-Dampak Positive internet untuk sosial adalah, dalam dunia maya kita bisa berjualan online , dimana shop online tidak membutuhkan modal berjualan sama sekali , tidak seperti membangun toko ataupun kios .
-Dampak Positive lain adalah kita bisa ngobrol lewat social media dengan saudara – teman bahkan orang tua yang jaraknya jauh dengan daerah yang kita tempati.
-Dampak Positive Lainnya lagi adalah, kita bisa mengirim lowongan kerja via online .
Dampak Negative dari Internet untuk Sosial :
- Dampak Negative dari Internet untuk Sosial : Maraknya penipuan dari shop online yang mengiming imingi para calon pembeli dengan memeberikan harga diskon yang menipu , sehingga para calon pembeli tergiur untuk membeli.
-
Dampak Lainnya adalah : Banyaknya
penculikan yang didasarkan dengan cara mengadakan kopi darat (pertemuan) lalu
korban akan diculik dan bahkan pelaku kadang membunuh korban
-Dampak Lainnya : Banyaknya anak dibawah umur yang bebas membuka situs dengan konten dewasa .
Dampak Positif Internet untuk Ekonomi:
Dalam
bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat
kita rasakan manfaat positifnya antara lain :
1.
Pertumbuhan Ekonomi yang semakin
tinggi
2.
Terjadinya Industrialisasi
3.
Produktifitas dunia industry semakin
meningkat
Metodologi Web Science
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
0 komentar:
Posting Komentar