·
Pemodelan
Sebelum
kita mengetahui Pemodelan Grafik itu
apa? Kali ini akan membahas dahulu mengenai arti dan Pemodelan itu apa? Pemodelan adalah
membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut
sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini
secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain,
keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang
menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
·
Grafik
Sedangkan Arti dan pengertian tentang Grafik itu sendiri
adalah Grafik itu selalu identik dengan suatu garis-garis, tanda, dan bentuk
huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar
menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu
pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
·
Pemodelan
Grafik
Setelah kita mengetahui
tentang pengertian Pemodelan dan Grafik itu sendiri apa? bahwa kita dapat bisa
simpulkan bahwa Pemodelan
Grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek,
memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup
(bergerak). Proses ini sepenuhnya dilakukan oleh Komputer.
Dalam dunia
komputer, bahwa pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra
objek dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi
bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra.
Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun
berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan
memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi.
Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi
atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.
Pada Saat ini atau pada saat sekarang bahwa komputer grafis
menghasilkan segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek dalam
dikehidupan kita sehari-hari. Contohnya itu bisa dilihat di televisi, di koran,
film dan lain-lain. Seperti misalnya dalam suatu laporan cuaca atau dalam
semua jenis penyelidikan medis dan prosedur operasi. Grafis yang dibuat
dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat sulit menjadi suatu hal
yang mudah dan dapat mudah dipahami. Grafik juga dapat digunakan dalam media
seperti laporan,thesis,serta tugas-tugas makalah. Untuk mendukung perkembangan
ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk mendukung kinerja dari
komputer grafis.
Oleh karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai
sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis
digital dan memanipulasi konten visual.
·
Elemen-elemen Dasar Membentuk suatu
Model Grafik atau Grafis :
-
Teks
Teks adalah bagian yang
paling utama untuk menampilkan informasi. Tujuan pengguna mengunjungi web site
adalah untuk membaca informasi yang ada di dalamnya.
-
Grafik dan Image
Grafik dan image
merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi. Dengan penggunaan
grafik maupun image orang lebih mudah memahami suatu pesan. Grafik dapat dibuat
dengan draw program dan image dapat dibuat dengan paint program yang juga dapat
memanipulasi foto.
-
Animasi
Animasi merupakan sarana
untuk menampilkan informasi dengan baik, di samping animasi merupakan daya
tarik yang mudah diingat bagi pengguna. Animasi dapat dibuat dengan komputer
menggunakan perangkat lunak yang ada, misalnya Macromedia Flash.
-
Video
Video dapat merupakan
hasil suatu rekaman dengan kamera video maupun hasil pengolahan dengan komputer
seperti 3D Studio Max, Maya dan lain-lain.
-
Suara
Suara melengkapi desain
web, memberikan efek khusus pada suatu tampilan animasi serta memberikan
kenyamanan bagi pengguna yang mendengarkannya.
-
Interctive Link
Interactive link dapat
menggunakan button yang berupa teks, simbol, grafik, maupun image. Interactive
link menggunakan gambar dapat lebih mudah digunakan oleh pengguna. Contohnya,
penggunaan icon lebih disenangi dari pada pull-down menu, walaupun begi
sebagian orang tetap menyukai penggunaan menu.
Dengan adanya grafika dan visualisasi komputer kita dapat
mempermudahkan dan mempercepat pekerjaan khususnya dalam interakasi manusia
dengan komputer, karena interaksi sudah berbentuk gambar/visual (GUI, Graphical
user interface) seperti menu atau icon, bukan lagi dalam bahasa hitam
(perintah-perintah yang harus di inputkan) yang sulit dilakukan. Dengan kata
lain menjadi efektif dan efisien.dan juga memperindah tampilan (lebih menarik)
sehingga tidak mudah bosan.
·
Langkah-langkah Pemodelan Grafik:
1.
Pemodelan
Geometris : Mempelajari
metode dan algoritma untuk deskripsi matematika bentuk. Geometris model yang
bisa ditampilkan pada computer seperti shape/bentuk, posisi, orientasi,
warna/tekstur, dan cahaya.
2.
Motion
Capture Model 2D adalah Suatu langkah awal pembuatan
pemodelan desain grafik adalah langkah ini. Langkah ini berguna untuk membentuk
model obyek yang akan dibangun dalam bentuk 3D. langkah ini yang dititik
beratkan adalah obyek berupa gambar wajah yang sudah dibentuk intensitas warna
tiap pixelnya dengan metode Image Adjustment Brightness/Contrast, Image Color
Balance, Layer Multiply, dan tampilan Convert Mode RGB dan format JPEG.
3.
Dasar metode Modeling 3D : Jenis metode pemodelan obyek yang
disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision
dan seperti objek yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metode pemodelan
obyek 3D, pencahayaan dan animasi
gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.
4.
Proses Rendering adalah Suatu proses dimana semua
data-data yang telah kita masukkan dalam proses modeling, animasi, texturing,
pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam suatu bentuk
output.
5.
Texturing digunakan untuk menentukan tekstur
dari sebuah obyek sebagai suatu karakteristik dari obyek yang dibuat. Aplikasi-aplikasi yang digunakan
untuk melakukan texturing adalah reflectivity, transparency, dan refraction.
6.
Image dan Display adalah Pada Tahap ini merupakan
tahap terakhir dalam langkah pembuatan desain pemodelan grafis. Pada tahap ini
kita akan mendapatkan hasil Pencitraan gambar dengan kombinasi warna,
pengaturan-pengaturan gambar, serta visual effect yang telah kita lakukan pada
tahap sebelumnya atau tahap texturing.
·
Desain Grafis
Suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
·
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media
statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang
sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
·
Unsur – Unsur Desain
Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),
tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain
visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity),
kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
·
Peralatan dan Software yang
digunakan pada Pemodelan Grafik :
Peralatan yang digunakan oleh pemodelan grafik berupa suatu
ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau
ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau
dinyatakan dalam bentuk visual.
·
Software dalam Pemodelan Grafik :
Desktop Publishing
-
Adobe Photoshop
-
Adobe Illustrator
-
Adobe Indesign
-
Coreldraw
-
GIMP
-
Inkscape
-
Adobe Freehand
-
Adobe image ready
-
CorelDraw
-
Adobe Page Maker
-
Paint Tool SAI
Webdesign
-
Adobe Dreamweaver
-
Microsoft Frontpage
-
Notepad
-
Adobe Photoshop
v
Audiovisual
-
Adobe After Effect
-
Adobe Premier
-
Final Cut
-
Adobe Flash, atau sebelumnya
Macromedia Flash
-
Ulead Video Studio
-
Magic Movie Edit Pro
-
Power Director
v
Rendering 3 Dimensi
-
3D StudioMax
-
Maya
-
AutoCad
-
Google SketchUp
-
Light Wave
-
Blender
-
Softimage
·
Teknologi
Vektor dan Bitmap
Gambar
dengan format vektor identik dengan garis dan kurva dimana garis dan kurva
tersebut akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Gambar format vektor
biasanya digunakan untuk logo karena dapat membuat gambar garis yang jelas dan
tegas. Karena gambar vektor gabungan dari titik dan garis maka ia tidak akan
pecah ketika diperkecil atau diperbesar. Perangkat lunak yang biasanya
digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia
Freehand, Adobe Illustrator, dll.
Gambar
format bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri sendiri dan
memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap bergantung
pada resolusi dimana bila gambar diperbesar akan terlihat kotak-kotak kecil
sehingga tidak terlihat halus gambar tersebut. Ukuran bitmap pun lebih besar.
Parangkat lunak yang berbasis bitmap misalnya Adobe Photoshop, Paint,
CorelPhotoPaint, dll.
·
Sumber Referensi :
2.
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/
0 komentar:
Posting Komentar