Protoman - Mega Man

Pages

Jumat, 09 Maret 2012

HAKEKAT DAN TEORI TENTANG MANUSIA , BESERTA KOMPONENNYA


DAFTAR ISI :


KATA PENGANTAR
........................................................................
 BAB I.  PENDAHULUAN........................................................................
Latar belakang Masalah .......................................................................... 

BAB II. PEMBAHASAN ....................................................................... 

BAB III PENUTUP ...............................................................................




KATA PENGANTAR

     Memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena atas berkah dan karunia-Nya kita bisa dapat membuat makalah ini, yang bertema Hakikat dan Teori Tentang Manusia, beserta Komponennya dengan harapan kita semua sebagai manusia dapat mengetahui, serta memahami teori-teori,definisi manusia tersebut,asal mula manusia  menurut para pakar ilmuan dan para pakar islam dan lain-lain nya. Dan juga saya tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung dalam pembuatan makalah ini.
    saya sadar makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik maupun saran diharapkan dapat diberikan kepada pembaca untuk lebih menyempurnakan makalah ini semoga ada manfaatnya bagi yang pembaca . Saya ucapkan banyak Terimakasih .







BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

   Salah satu cara memahami dan mengetahui tentang hakikat manusia adalah dengan pendekatan yang lebih mengarah kepada teori tentang kepribadian manusia dan cara bersosialisasi dengan baik. Pembahasan tentang kepribadian ini berkaitan erat dengan perilaku manusia yang berada dilingkungan sekitar rumah kita.istilah manusia itu adalah
Manusia bukanlah sesosok binatang ataupun makhluk yang lainnya, manusia sangatlah berbeda.Perbedaaan nya itu dalam hal cara berfikir yang mendasari dari mahkluk lain nya, dan manusia untuk berpotensi dan berkembang disetiap kehidupan, dan Manusia ialah makhluk paling sempurna yang pernah di ciptakan oleh ALLAH SWT. Kesempurnaan yang di miliki oleh manusia merupakan suatu konsuekensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah di muka bumi ini.

   Dalam makalah ini mari kita bahas satu persatu apa hakikat seorang manusia beserta teori, definisi,asal usul manusia, dan lainnya yang akan kita bahas di sini.


BAB II

PEMBAHASAN

        Manusia ialah makhluk paling sempurna yang pernah di ciptakan oleh ALLAH SWT. Kesempurnaan yang di miliki oleh manusia merupakan suatu konsuekensi  fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah di muka bumi ini. Al-Qur'an menerangkan bahwa manusia berasal dari tanah, Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia di ciptakan ALLAH dari bermacam-macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Adapun tahapan-tahapan dalam proses selanjutnya, Al-Qur'an tidak menjelaskan secara rinci. Akan tetapi hampir sebagian besar para ilmuwan berpendapat membantah bahwa manusia berawal dari sebuah evolusi dari seekor binatang sejenis kera, konsep-konsep tersebut hanya berkaitan dengan bidang studi biologi. Anggapan ini tentu sangat keliru sebab teori ini ternyata lebih dari sekedar konsep biologi. Teori evolusi telah menjadi pondasi sebuah filsafat yang menyesatkan sebagian besar manusia itu sendiri. Pada dasarnnya ada tiga aspek pokok dalam diri manusia yaitu fisik, mental dan spiritual.
TEORI TENTANG MANUSIA

   Manusia adalah makhluk social, artinya manusia hanya akan menjadi apa dan siapa bergantung ia bergaul dengan siapa. Manusia tidak bisa hidup sendirian, sebab jika sendiri maka akan kesusahan itu sendiri, manusia itu di ibaratkan Di satu sisi menjadi anak buah, tetapi di sisi lain dia adalah pemimpin. Di satu sisi ia adalah ayah atau ibu, tetapi di sisi lain ia adalah anak dan masih banyak lagi yang diibaratkan itu sendiri. Dalam hubungan antar manusia ,ada pemimpin yang sangat dipatuhi dan dihormati oleh setiap umat manusia yang ada di bumi ini yang harus berinteraksi antara yang satu dengan satu sama lain sehingga bisa terjadi bersosialisasi dengan benar dan baik bagi lingkungan sekitar dan budaya itu sendiri.

   Dalam dapat membantu menerangkan model dan kualitas hubungan antar manusia itu sendiri ada 3 teori yaitu;

1.  Teori Transaksional (model Pertukaran Sosial)
2.  Teori Peran
3.  Teori Permainan

  Di dalam hidup ini, sebenarnya kita merupakan wujud dari 3 orang yang harus berusaha menyatukannya menjadi 1 orang.

1. Kita (1 orang) dalam pandangan kita sendiri.
2. Kita (1 orang) dalam pandangan manusia.
3. Kita (1 orang) dalam pandangan Sang Pencipta.

DEFINISI MANUSIA :

1.  Manusia adalah makhluk utama ; yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatura
2.  Manusia adalah kemauan bebas  : Inilah kekuatanya yang luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusian telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yang bebas - kepadanya dunia alam - word of nature -, sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua deteminasi eksistensial, kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhan.
3.  Manusia adalah makhluk yang sadar : Ini adalah kualitasnya yang paling menonjol: Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yang menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yang tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. 
4.  Manusia adalah makhluk yang sadar diri : Ini berarti bahwa ia adalah satu-satunya makhluk hidup yang mempuyai pengetahuan atas kehadiranya sendiri : ia mampu mempelajar, menganalisis, mengetahui dan menilai diri nya.
5.  Manusia adalah makhluk kreatif : Aspek kreatif tingkah laku nya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dai alam, dan menempatkanya di samping Tuhan
6.  Manusia adalah makhluk idealis : Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yang ada, tetapi berjuang untuk mengubah nya menjadi apa yang seharusnya.
7.  Manusia adalah makhluk moral : Disinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan yang ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yang lebih tinggi daripada motif yang timbul.
8.  Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami : , mempunyaI esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagi suatu gejala yang bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam yang independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan ini memberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yang tidak akan punya arti kalau tidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai

Kelebihan Manusia

    Manusia diciptakan dengan dianugerahi kelebihan dibanding makhluk lainnya. Yaitu, cipta, rasa dan karsa. Dari ketiga kelebihan tadi masing-masing bisa dikembangkan ke dalam potensi-potensi. Potensi yang bersumber dari cipta, yaitu potensi intelektual atau intelectual quotient (IQ). Potensi dari rasa, yakni potensi emosional atau emosional quotinet (EQ) dan potensi spiritual, Sedangkan potensi yang bersumber dari karsa.


BAB III
   
PENUTUP

       Manusia adalah mahluk Allah yang paling mulia,di dalam Al-qur’an banyak sekali ayat-ayat Allah yang memulyakan manusia dibandingkan dengan mahluk yang lainnya.Dan dengan adanya ciri-ciri dan sifat-sifat utama yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia menjadikannya makhluk yang terpilih diantara lainnya memegang gelar sebagai khalifah di muka bumi untuk dapat meneruskan,melestarikan,dan memanfaatkan segala apa yang telah Allah ciptakan di alam ini dengan sebaik-baiknya.
Tugas utama manusia adalah beribadah kepada Allah SWT.Semua ibadah yang kita lakukan dengan bentuk beraneka ragam itu akan kembali kepada kita dan bukan untuk siapa-siapa.Patuh kepada Allah SWT,menjadi khalifah,melaksanakan ibadah,dan hal-hal lainnya dari hal besar sampai hal kecil yang termasuk ibadah adalah bukan sesuatu yang ringan yang bisa dikerjakan dengan cara bermain-main terlebih apabila seseorang sampai mengingkarinya.Perlu usaha yang keras,dan semangat yang kuat ketika keimanan dalam hati melemah,dan pertanggungjawaban yang besar dari diri kita kelak di hari Pembalasan nanti atas segala apa yang telah kita lakukan di dunia.

     Kesimpulan  dan pendapat saya tentang tulisan diatas yaitu manusia memiliki hakekat-hakekat hidup yang telah diberikan oleh allah swt.,manusia dijadikan khalifah utama di muka bumi ini,serta sebagai makhluk yang paling sempurna dengan diberikan akal pikiran dan nafsu,manusia menjalankan kehidupannya.
jadi kita sebagai manusia yang dipercaya oleh allah untuk jadi khalifah dimuka bumi haruslah melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan dalam hidup ini.


Sumber :

http://www.membuatblog.web.id/
http://metakalasari.wordpress.com/
http://surahma.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar