Protoman - Mega Man

Pages

Senin, 25 Juni 2012

JURNAL

Teknologi Infromasi di Bidang Industri Manufaktur / Jasa

Panji Apriyanto
PanjiApriyantooo@gmail.com
Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri , Jurusan Teknik Informatika ,
Universitas Gunadarma

Abstrak

  Perkembangan Teknologi Informasi membawa Perubahan yang Signifikan dalam dunia Bisnis tanpa dibatasi dengan ruang dan waktu , Teknologi Industri perlu didefinisikan lebih detail untuk mendapatkan Informasi yang lebih spesifik khususnya     untuk kegiatan Jasa yaitu seperti kegiatan produksi (manufaktur)  dan mendukung kegiatan manufaktur secara keseluruhan untuk mempermudah dalam proses penggunaan jasa terhadap Teknologi Industri tersebut.

Kata Kunci : Teknologi Informasi , Manufaktur, Jasa dan Informasi

Abstract

Development of Information Technology to bring a significant change in the business world without being limited by space and time, the Industrial Technology needs to be defined in more detail to obtain more specific information, especially for the service activities such as production activities (manufacturing) and supports the overall manufacturing activities to facilitate the process use the services of Industrial Technology.


Keywords: Information Technology, Manufacturing, Services and Information


1. Pendahuluan

Teknologi Industri secara umum adalah semua yang teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi, Pada tingkat global, perkembangan Teknologi Industri telah mempengaruhi seluruh bidang kehidupan umat manusia. Intrusi Teknologi Informasi ke dalam bidang-bidang teknologi lain telah sedemikian jauh sehingga tidak ada satupun peralatan hasil inovasi teknologi yang tidak memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi yaitu dalam dunia industri terhadap teknologi industri hamper semua bidang seperti perdagangan , manufaktur, keuangan , telekomunikasi dan sebagainya , membutuhkan teknologi informasi sebagai elemen yang sangat penting dalam usaha ,
Salah satu bagian utama dari teknologi industri adalah suatu sistem informasi yang merupakan aplikasi (Software) bisnis berbasis komputer. Aplikasi itu dapat berupa aplikasi keuangan (akuntansi), pergudangan (inventory), produksi (manufaktur), kepegawaian, trading (export, import, Point Of Sales), operasional, dll. Bahkan dapat juga berupa aplikasi yang mengintegrasikan semua fungsi pada suatu perusahaan, yang dikenal dengan istilah ERP (Enterprise Resource Planning).
Banyak perusahaan yang memahami pentingnya teknologi informasi sehingga mereka bersedia membayar tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini wajar mengingat hasil yang mereka dapatkan dapat dari segi efisiensi, efektivitas, kemudahan, serta pengawasan prosedur dan peningkatan keamanan proses jauh lebih berharga dibanding nilai yang mereka investasikan.

2. Teknologi Informasi dan Perkembangan

Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya.Selanjutnya, teknologi informasi dipakai dalam sistem informasi organisasi untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.

Teknologi informasi muncul sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi dalam kehidupan organisasi, semakin kerasnya persaingan bisnis, semakin singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan, serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk mengantisipasi semua ini, perusahaan mencari terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi.

Teknologi diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi.

3. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Bidang Jasa

Pada masa kini, sebagian besar masyarakat semakin merasakan Perkembangan informasi sebagai salah satu kebutuhan pokok disamping kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Seiring dengan hal itu, informasi telah berubah bentuk menjadi suatu komoditi yang dapat diperdagangkan.

Keadaan ini terbukti dengan semakin
berkembangnya bisnis pelayanan informasi, seperti stasiun televisi, surat kabar, radio dan internet yang telah memasuki sendi-sendi kehidupan manusia. Perubahan lingkungan yang pesat, dinamis dan luas tersebut didukung oleh kemajuan teknologi
informasi disegala bidang. Hal ini telah mendorong transformasi masyarakat
tradisional menjadi masyarakat informasi.

Dalam era bisnis global, pengaruh kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi, seperti penggunaan telepon, faksimili, komputer, dan satelit dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan. Teknologi informasi memungkinkan manusia untuk memperoleh informasi dari tempat yang berjauhan dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang murah.
4. Masalah yang Timbul Akibat Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi disatu sisi menguntungkan Tetapi disisi lain dapat menimbulkan beberapa masalah. Bahkan teknologi informasi merupakan salah satu penyebab adanya tekanan bisnis pada organisasi. Permasalahan yang timbul akibat perkembangan teknologi informasi adalah sebagai berikut:

a. Untuk menerapkan teknologi informasi dalam perusahaan memerlukan biaya yang besar.

b. Pengembangan teknologi informasi tidak hanya membutuhkan pengetahuan

c. Teknologi informasi yang diterapkan tersebut harus acceptable

d. Perkembangan teknologi informasi menuntut semakin banyaknya keahlian yang dimiliki oleh karyawan atau pekerja dalam organisasi

e. Perkembangan teknologi informasi juga memungkinkan hilangnya kesempatan kerja khususnya bagi karyawan tingkat bawah,

f. Dipihak lain ada yang beranggapan bahwa perkembangan teknologi informasi dapat menimbulkan pemborosan

g. Ada juga pihak yang tidak senang dengan kehadiran komputer yang dianggap menjadikan mereka malas bekerja dan membosankan


5. Kesimpulan

Data merupakan fakta-fakta, perkiraan, atau pendapat yang belum memiliki makna yang dapat dimanfaatkan. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk berarti bagi penerima dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan baik untuk saat ini maupun yang akan datang.

Pengetahuan ialah kumpulan dari data dan informasi yang bertemu dengan kompetensi dan pengalaman seseorang untuk menindaklanjuti data dan informasi yang ada sehingga dapat dikembangkan untuk pengambilan suatu keputusan.

Teknologi Informasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

6. Daftar Acuan :

http://www.angelfire.com/co4/ciptagl
bal/
p-content/.../0dd420bc7f60b803bcaf5a58e7e44a45.d...

0 komentar:

Posting Komentar