Arsitektur Website
Arsitektur
Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang,
seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan
fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada
pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada
konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain
arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki
apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide
Web.
Macam-macam
Arsitektur Web :
- -
Pattern /Pola
- -
Framewok
- -
Model View Control (MVC)
- -
Struts
- -
Codeigniter
- -
Integrasi Sistem
- -
Soa
Aplikasi Web
Dalam rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web ( Bahasa Inggris: web application atau sering
disingkat webapp) adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu
jaringan seperti internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX Java, dll)dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
jaringan seperti internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, AJAX Java, dll)dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
Aplikasi web menjadi populer
karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web,
yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan
untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan
menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan
alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail,toko ritel
daring,lelang daring,wiki,papan diskusi,weblog serta MMORPG.
Aplikasi
Utama Arsitektur Web
1. HTTP(Hypertext
Transfer Protocol), HTML(Hyper Text Markup Language), Web Server, dan Internet
2. Wikis,
Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
3. Semantic
Web Summary
4. Web
Security
Definisi
Protokol
Kata
protokol dibidang komputer digunakan untuk menjelaskan suatu aturan untuk
saling berhubungan antara berbagai unit. Peralatan jaringan komputer mengikuti
protokol dalam berkomunikasi satu sama lain.Sejak awal terdapat keragaman
produk perangkat keras dan perangkat lunak Jaringan komputer yang tersedia di
pasar. Keragaman ini disatu sisi menguntungkan pemakai peralatan Jaringan
komputer karena mendorong persaingan di antara pemasok dan menyediakan pilihan
model yang luas, namun keragaman ini menjadi beban karena sulit untuk saling
menghubungkan produk dari para pemasok yang berbeda.
Sejumlah perusahaan
manufaktur peralatan jaringan komputer menyadari potensi ketidak sesuaian
peralatan sebelum situasi menjadi tidak terkendali. IBM adalah salah satunya.
Pada tahun 1970 IBM memasarkan 200 produk jaringan komputer yang berbeda yang
dapat saling dihubungkan dengan 15 cara yang berbeda, dan majemen IBM
memutuskan bahwa satu set protokol perlu disefinisikan agar menjadi panduan
bagi pengembang di masa depan. IBM menamakan system protokolnya dengan System
Network Architecture (SNA).
SNA
diterima begitu baik sehingga perusahaan manufakture komputer lain
mengembangkan standar mereka sendiri. Misalnya burroughs mengumumkan Burrougs
Network Architecture (BNA) dan Honeywell mengembangkan Distibuted System
Environment (DSE), namun para pemakai tidak melihat banyaknya standar dari
perusahaan manufaktur sebagai solusi bagi permasalahan mereka. Misalnya, SNA
dari IBM memudahkan hubungan dengan perangkat keras dan perangkat lunak IBM,
tetapi tidak membantu pemakai yang ingin menggabungkan produk IBM dengan pemasok
lain.
Hypertext Transfer
Protocol (HTTP)
HTTP
adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem
informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya
banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang
disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada
tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi
mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah
untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama
untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena
memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi
berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium
World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering
Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments
(RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada
bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
HTML
(Hypertext Markup Language)
HTML Merupakan suatu script dimana kita
bisa menampilkan informasi dan daya kreasi kiata lewat Internet.HTML memiliki
perbedaan dengan dokumen teks biasa.misalnya:perbedaan yang paling men-colok
adalah pada dokumen word,banyaknya karakter akan terbatasi oleh besarnya
kertas.Sedangkan HTML tak memiliki batasan teks.
HTML adalah Bahasa
pemrograman yang fleksibel di mana kita bisa meletakkan skrip dari bahasa
pemrograman lain seperti JAVA,Visual Basic,C dan lain-lain.jika HTML tersebut
tidak dapat mendukung suatu perintah pemrograman tertentu.Browser tidak akan
menampilkan kotak dialog”Syntax Error” jika terdapat penulisan kode yang keliru
pada skrip HTML sepanjang kode-kode yang kita tuliskan merupakan kode-kode HTML
tanpa penambahan kode-kode dari luar seperti
java. Oleh karena itu,jika terjadi syntax error pada skrip HTML ,efek
yang paling jelas adalah HTML tersebut tak akan ditampilkan pada halaman
jendela Browser.
Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang
mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain
di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi
dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau
multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang
perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan
perbincangan Internet Engineering Task Force(IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali
sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan
Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet
Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan
adalah seperti, IP , TCP, UDP,DNS,PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP,SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP , LDAP dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik,Usenet Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC , MUD, MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti mili (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Yahoo Messanger , MSN Messanger , Twitter dan Facebook dan lain sebagainya.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik,Usenet Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC , MUD, MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti mili (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Yahoo Messanger , MSN Messanger , Twitter dan Facebook dan lain sebagainya.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan
sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC ,ICQ, AIM, CDDB , Gnutella.
Browser Transaction
Browsing adalah seni pencarian informasi dengan
melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita,
bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya.
Transaction : Merupakan segala aktivitas perusahaan
yang menimbulkan perubahan terhadap posisi keuangan atau harta kekayaan
perusahaan
Browser Transaction : Seni pencarian informasi untuk melakukan
suatu transaksi jual beli dengan melalui system operasi yang berbasis
hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim
e-mail, dan lain sebagainya.
User
User merupakan Pengguna. Biasanya ditujukan
kepada pengguna suatu sistem
yang umumnya adalah manusia. Misalnya pengguna komputer.
Generate
Content
GC adalah singkatan yang berarti
Generate Content
Pengertian
UGC (user generated content)
sebenarnya cukup sederhana, yaitu konten yang dihasilkan dari user
atau penggunanya sendiri. Babak ini sudah lama dimulai, situs-situs yang
populer kini pun banyak mengandalkan UGC untuk selalu menjadi situs yang up-to-date.
Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu saja.
Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam situs
tersebut justru berasal dari partisipasi aktif para penggunanya, sehingga orang
selalu dan terus-menerus tertarik untuk mengunjungi situs tersebut.
Istilah ini sebenarnya mulai terdengar sekitar
tahun 2005 saat orang bisa mengakses atau meng-update media dan
publikasi melalui teknologi baru seperti video digital, blogging, foto
dari smartphone dan wikis. Para pengguna situs mulai bisa meng-upload,
mengembangkan, dan bahkan mengendalikan sendiri konten sesuai kehendak mereka.
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang
dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan
ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian
diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web
seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan
tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Wikis (Wiki)
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah
atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk
menciptakan situs web semacam itu atau sebuah konsep yang diberi pengertian
oleh penggagasnya.
Social Networks
Social Networking merupakan
sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi
orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau
kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai
jaringan pertemanan.
Layanan social network biasanya
berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat
saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang popular
dewasa ini antara lain facebook dan twitter.
Floksonomies
Folksonomi adalah suatu sistem pengklasifikasian yang diturunkan
dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag
secara kolaboratif ,
untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten;
Praktik
ini juga dikenal sebagai penge-tag-an kolaboratif, klasifikasi sosial, pengindeksan
sosial, dan pengetagan sosial.
Istilah Folksonomi merupakan gabungan lebur dari kata folk dan taksonomi.
Folksonomi menjadi populer di
ranah Web sekira tahun 2004, sebagai bagian dari aplikasi piranti lunak sosial seperti penandaan buku sosial dan anotasi fotografi. Pengetagaan,
yang menjadi karakteristik layanan Web 2.0, memungkinkan pengguna untuk mengklasifikasi dan
mencari informasi secara kolektif. Beberapa laman web memasukkan awan tag untuk memvisualisasi tag-tag dalam sebuah folksonomi.Web Security
Web Security adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.
Keamanan suatu website atau web security systems
merupakan salah satu prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster. Jika
seorang webmaster mengabaikan keamanan suatu website, maka seorang hacker dapat
mengambil data-data penting pada suatu website dan bahkan pula dapat
mengacak-acak tampilan website (deface) tersebut. Selama ini, kebanyakan
kita, entah para blogger atau pemilik perusahaan baik kecil atau
menengah, tidak terlalu memperhatikan website-nya setelah website-nya
eksis di Internet. Setelah dibuat dan diupload ke server hostingan, website-nya
ditinggal begitu saja. Jarang di-update, lebih jarang lagi
dipromosikan, dan yang paling jarang adalah memperhatikan masalah
keamanan website-nya. Padahal selesai membuat website itu
kira-kira baru separuh saja dari upaya memanfaatkan potensi Internet untuk
mendukung usaha kita. Salah satu yang paling vital adalah masalah keamanan.
Seringkali kita mengira setelah website diupload di server
hosting, website kita bakal aman-aman saja.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar