Pixel
Piksel adalah unsur gambar atau representasi
sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci
Piksel sendiri berasal dari akronim
bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Pada
ujung tertinggi skala resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil
cetak yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci denga pilihan 16 juta warna
lebih untuk setiap inci, dalam istilah komputer berarti gambar seluas satu inci
persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150
juta bit informasi.
Monitor atau layar data yang sering kita temui terdiri dari
ribuan piksel yang terbagi dalam baris-baris dan kolom-kolom. Jumlah piksel
yang terdapat dalam sebuah monitor dapat kita ketahui dari resolusinya.
Resolusi maksimum yang disediakan oleh monitor adalah 1024x768, maka jumlah
pixel yang ada dalam layar monitor tersebut adalah 786432 piksel. Semakin
tinggi jumlah piksel yang tersedia dalam monitor, semakin tajam gambar yang
mampu ditampilkan oleh monitor tersebut.
Pada ujung tinggi skala resolusi mesin
cetak gambar berwarna dapat menghasilkan hasil cetak yang memiliki lebih dar
2.500 titik per inci dengan pilihan 16 juta warna lebih untuk setiap inci.
Dalam istilah computer berarti gambar seluas satu inci persegi yang bias
ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit
informasi.
Megapixel
Megapixel
(Megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata "mega" yang
menunjukkan satuan juta, dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English
= Picture Element). Jadi singkatnya megapixel berarti sejuta titik
elemen gambar. Suatu gambar digital dibentuk oleh ribuan titik tersebut. Makin
tinggi jumlahnya, maka makin tinggi juga resolusi gambarnya. Jumlah megapiksel
ini biasanya digunakan untuk menunjukkan kualitas gambar.
2 Dimensi
2 Dimensi atau biasa disingkat 2D atau bidang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Istilah ini biasanya digunakan dalam
bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
-
Penerapan 2 Dimensi pada :
Animasi
Animasi
jenis ini juga biasa disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari
kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Contohnya misalnya: Looney Tunes,
Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, dan lainnya.
Animasi
komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer
dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi pertama kali
diperkenalkan oleh Peter Roget pada tahun 1824. Animasi ini yang paling akrab
dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri
berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.
Game 2 Dimensi
Game
dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi (
X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun
Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita
harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan
ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta
hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar
per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)).
Game dua dimensi ini
memiliki 2 konsep, yaitu:
- Static View, dimana semua objek berada pada satu bidang
dan gerakan karakter utama hanya terbatas pada bidang itu saja.
- Side Scrolling View, dimana objek-objek dan gambar latar
akan terus bergerak ke kanan dan ke kiri sesuai dengan kecepatan gerakan karakter
yang dimainkan.
Contoh
game berbasis 2 dimensi diantaranya adalah Pac-man, Space Invader, Mario Bros,
dan game-game sederhana lainnya.
Kerealisasian
gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang
digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi
hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)).
Contoh 2 Dimensi :
Wayang
Masjid
Pemandangan
3 Dimensi
3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
-
Penerapan 3 Dimensi pada :
Animasi 3 Dimensi
Animasi 3D adalah
pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan
semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Contohnya Toy
Story, Monster Inc., Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, hingga
Final Fantasy. Disini kita bisa melihat perbedaan visual jika dbandingkan
dengan animasi 2D. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI
(Computer Generated Imagery).
Untuk model animasi 3D, objek atau model tersebut dibuat dengan komputer dengan menggunakan software tertentu, seperti 3d Max atau lainnya, yang kemudian dirangkakan dengan tulang rangka virtual untuk membuat efek 3 dimensi nya.
Untuk model animasi 3D, objek atau model tersebut dibuat dengan komputer dengan menggunakan software tertentu, seperti 3d Max atau lainnya, yang kemudian dirangkakan dengan tulang rangka virtual untuk membuat efek 3 dimensi nya.
Game 3 Dimensi
Sejak
ditemukannya teknik cel-shading, model 3D bisa ditampilkan menjadi mirip gambar
2D. Akibatnya banyak game lebih memilih fitur ini daripada grafik 2D biasa.
Jika teknik cel-shading tersebut diterapkan ke dalam sebuah prototipe game
engine sebagai salah satu fiturnya, maka prototipe game engine yang dibuat bisa
menangani 2 macam tipe grafik, yaitu 3D biasa dan cartoon-look 3D. Pembuatan
prototipe engine ini bertujuan untuk memudahkan pembuatan game 3D yang dapat
dijalankan pada komputer berbasis Windows. Pembuatan engine dilakukan dengan
menggunakan program Microsoft Visual C++ .NET dan SDL 1.2.7 dengan OpenGL
sebagai sistem grafisnya. Dari hasil pengujian diketahui bahwa prototipe engine
ini berhasil melakukan fungsi-fungsi dasar yang diperlukan sebuah 3D game
engine. Fungsi-fungsi itu antara lain adalah kemampuan manajemen memori
sederhana, logging, profiling, penanganan input dari analog joystick, rendering
dan animasi model 3D, loading custom game map, penanganan suara, penanganan
kamera dan fitur cel-shading.
Contoh 3 Dimensi :
Perbedaan
2 Dimensi dan 3 Dimensi
2
Dimensi :
·
Tampilan
hanya dapat dilihat dari arah depan dan belakang atau flat.
·
Hanya
memiliki koordinat X,Y
·
Hanya
memiliki panjang dan lebar.
·
Frame
layar terbatas
·
Tidak
menggunakan efek cahaya.
·
Pewarnaan
hanya menggunakan dasar warna.
3
Dimensi :
·
Tampilan
dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
·
Memiliki
koordinat X,Y,Z
·
Memiliki
panjang, lebar, dan tinggi.
·
Frame
layar lebih luas.
·
Banyak
menggunakan efek cahaya.
·
Pewarnaan
dengan warna-warna yang lebih kompleks, dan gradasi-gradasi warna lebih rumit.
Sumber Referensi :
-
http://id.wikipedia.org/wiki/Piksel
-
http://tedipermanasite.wordpress.com/2013/05/13/perbedaan-antara-2d-dan-3d/
-
http://belladsammz.blogspot.com/2013/05/perbedaan-2-dimensi-dan-3-dimensi.html
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar