WEB CONTENT
-
Media Web Content
Dalam produksi media
dan penerbitan rata-rata berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer
dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online,
TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing
sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya dan konten
informasi dan pengalaman dapat memberikan nilai bagi end-user/audience dalam
konteks tertentu. Konten (media) digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai
berbagai format dan genre informasi yang dikelola sebagai nilai tambah, dan
media komponen berguna untuk target audiens. Produksi media dan teknologi
pengiriman berpotensi meningkatkan nilai konten dengan format, penyaringan dan
menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang baru dengan konteks yang
baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang disimpan, dan lebih
menekankan pada repurposing cepat, pemakaian ulang, dan pemindahan telah
menyebabkan banyak penerbit dan produser media melihat fungsi utama mereka
kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan lebih sebagai transformer dari
konten.
-
Standar
Web Content
Standar Web merupakan
suatu yang harus ada didalam Web Content tersebut, dan pada standar
non-proprietary dan spesifikasi teknis lainnya yang digunakan untuk
mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam beberapa
tahun terakhir, istilah ini telah lebih sering dikaitkan dengan kecenderungan
untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan pengembangan yang
meliputi metode-metode.
Standar
web satu sama lain saling tergantung, beberapa di antaranya mengatur aspek
internet, bukan hanya World Wide Web (Sebuah Situs). Bahkan ketika web tidak
terpantau, standar tersebut secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi
perkembangan dan administrasi situs web dan layanan web. Pertimbangannya adalah
interoperabilitas, aksesibilitas dan kegunaan dari halaman web dan situs web.
Standar web harus mendukung fasilitas sebagai berikut :
-
HTTP dan HTTPS
-
HTML XML, XHTML,
-
Format
Gambar : PNG , GIF , JPEG
-
Css , java script.
-
Cookie , Digital Certificate, Favicons, RSS
dan Atom
Standar
web bukanlah merupakan aturan, tetapi terus berkembang dan disesuaikan dengan
teknologi web. Standar web yang dikembangkan oleh suatu organisasi sering
bersaing kadang disewakan oleh teknologi yang tidak sesuai dengan standarisasi
publik dan dinyatakan sebagai standar oleh satu individu atau perusahaan.
Bahasa
Dalam Web
Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah bahasa
pemrograman.
Banyak bahasa pemrograman seperti HTML, joomla,
java, bahasa C, C++, PHP, dll.
Tapi PHP mempunyai kelebihan dari bahasa
pemograman yang lainnya yang diantaranya :
• Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa
script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
• Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan
dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan
konfigurasi yang relatif mudah.
• Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena
banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
• Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa
scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
• PHP adalah bahasa open source yang dapat
digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat
dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan
perintah-perintah system
Keberagaman
Bahasa
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya
dengan nilainya yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang
Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini
akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap
kegiatan yang dilaksanakan. Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan
dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun
demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada saat ini,
memiliki banyak sekali pengaruk bagi kebudayaan yaitu salah satunya Bergesernya
Nilai-nilai Budaya.Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang
besar adalah bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah
yang tepat untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai
dari Sabang sampai Merauke. Beribu – ribu pulau, suku, bahasa, adat, membuat
Indonesia menjadi salah satu daya tarik dan Negara yang paling kaya dipandang
dari budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya
kekayaan budaya kita
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang
ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat
hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan
hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan
yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Model Generative
(Generatif Model)
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan
perubahan paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang
dioperasikan : sebuah bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah
pengolahan, bukan hanya hasil akhir dari penerapan operasi. Desain bentuk menjadi
desain aturan. Desain bentuk menjadi desain aturan. Pendekatan ini sangat umum
dan dapat diterapkan pada setiap representasi bentuk yang menyediakan satu set
untuk menghasilkan sebuah fungsi, ‘operator bentuk dasar’ (elementary shape
functions) . Efektivitasnya telah dibuktikan, misalnya, di bidang pembuatan
grid , dengan operator Euler sebagai pelengkapnya dan penutup set yang
menghasilkan fungsi untuk sebuah perangkap dan beroperasi pada tingkat
halfedge.
Pemodelan generatif mempunyai keuntungan yang
efisiensi untuk menciptakan bentuk-operator tingkat tinggi dari operator bentuk
tingkat rendah. Setiap urutan langkah-langkah pengolahan dapat dikelompokkan
secara bersama-sama untuk menciptakan ‘operator gabungan’ yang baru. Ini
mungkin menggunakan operator dasar serta operator gabungan lainnya. Nilai yang
konkret dapat dengan mudah diganti dengan parameter, yang memungkinkan untuk
memisahkan data dari suatu operasi: Urutan pemrosesan yang sama dapat
diterapkan pada set data input yang berbeda. Data yang sama dapat digunakan
untuk menghasilkan bentuk yang berbeda dengan menerapkan operator gabungan yang
berbeda, misalnya, sebuah perpustakaan operator dengan model domain-dependen.
Hal ini memungkinkan untuk membuat objek yang sangat kompleks dari beberapa parameter
input tingkat tinggi, seperti misalnya sebuah perpustakaan (library style).
Generatif bahasa pemodelan GML adalah
implementasi konkret dari pendekatan generatif. Fitur utamanya adalah penuh
dengan bahasa pemrograman yang fungsional namun tetap dapat digunakan secara
efisien sebagai format file untuk deskripsi tingkat rendah.
Rhetorical Web (Retorika Web)
Rhetorical Web adalah fitur yang signifikan dari
WWW , bahwa hiperlink bisa mengoperasikan secara semantik dan
navigational . Di sisi lain , tautan (link) menyarankan asosiasi yang berarti
antara halaman web dan isi dari halaman web , dan bisa memfasilitasi
ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna . Tautan dan asosiasi ini dapat
dibaca secara kritis , disarankan tentang cara berfikir hubungan antara halaman
suatu web dan isi halaman suatu web yang dimaksud atau tidaknya oleh si pembuat
(author).
Web Annotations
Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan.
Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan
tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Hal itu bagaikan, perpustakaan tanpa ada
pengurusnya atau pustakawan. Nah sekarang dengan adanya tagging, para pengguna
internet diminta saling membantu untuk menyusun informasi berdasarkan kategori,
popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem tag,
semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan Anda
melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang
mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan
suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola.
Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang
informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang
dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis
data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan
mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer,
character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung
informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera
pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan
file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola
(administrator) dari file-file tersebut.
Jenis
metadata
Terdapat
tiga jenis utama metadata:
- Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
- Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.
- Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
Fungsi
metadata
Metadata
memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
- membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan menggunakan kriteria yang relevan
- mengidentifikasi sumberdaya
- mengelompokkan sumberdaya yang serupa
- membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
- memberikan informasi lokasi
Rich Snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang
di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak
mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah
hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich snippet ini membuat hasil
pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik
yang anda peroleh.
Anda bisa menambahkan rich snippet pada HTML blog
atau website anda untuk membantu Google menghidangkan informasi tambahan bagi
pengunjungnya. Ada 3 tahap yang bisa anda lakukan untuk membuat Rich Snippet
pada blog anda.
#1 Pilih HTML Markup Format Untuk Rich Snippet Anda
#2 Markup HTML Blog Anda
#3 Tes Tampilan Rich Snippet
STRUKTUR WEB
-
Link Structure
Keuntungan
struktur situs web yang dibuat dengan baik :
- Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
- Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
- Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
- Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
Struktur
Situs Web :
- Struktur Linear
- Struktur Grid
- Struktur Hierarki
Struktur
Linear :
- Struktur linear murni
- Struktur linear dengan halaman tambahan
- Struktur linear dengan halaman pilihan
- Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur
Linear murni :
- Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
- Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
- Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
- Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
- Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
Struktur
linear dengan halaman pilihan :
- Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
- Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
- Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
Struktur
linear dengan halaman alternatif :
- Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
- Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
- Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.
Struktur
Grid
- Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
- Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
Struktur
Hierarki
- Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
- Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
- File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
- Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.
Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik
matematikal yang dari banyaknya simpul namun tidak berhubungan dengan simpul
yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul
kecil lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di
mana L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang
diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N
dalam jaringan, yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam
fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal) yang
dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris dengan baik
dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial, konektivitas internet,
wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua karakteristik small world
network.
Social Network Sites
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,
teman, keturunan, dll.
Beberapa
contoh situs web jejaring sosial:
Analisis
jejaring sosial internasional:
- The International Network for Social Network Analyis (INSNA)
- Dynamic Centrality in Social Networks
- Center for Computational Analysis of Social and Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
- NetLab at the University of Toronto, studies the intersection of social, communication, information and computing networks
Blog
Blog
merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu
baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet
sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Jenis-jenis blog:
- Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
- Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
- Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
ANALISIS WEB
·
Pengukuran
Web
Di
bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi
kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu
website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk
mengukur kecepatan akses website.
1.
Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur
kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran
dari sebuah website tersebut.
Beberapa kelebihannya
di kategorikan sebagai berikut :
Performance Grade :
melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache,
combine external css dan lain-lain.
Waterfall : melihat
detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai
seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat
detail analisa halaman web.
History : melihat
detail akses dari beberapa hari lalu.
Kekurangan yang
terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya
yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa
mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap
website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.
2.
GTmetrix adalah website untuk
menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan
google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan
hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga
dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota
maka dapat:
- Melihat tes sebelumnya untuk
membandingkan hasilnya
- Menjadwalkan cek website secara
otomatis
- Menyimpan laporan
- Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
- Dapat menggunakan google page speed
dan YSLOW sebagai analyze engine
- Dapat membandingkan beberapa URL
sekaligus
- Menjadwalkan cek website secara
otomatis
- Dapat menyimpan laporan
- Memilih hasil laporan untuk
ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
- Jika menggunakan GTmetrix harus
menggunakan internet yang cepat.
3. Alexa
Rank
Alexa Internet, Inc.
adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang
menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya.
Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.
Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan
jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs
memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak
traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1. Jika pengguna
internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya)
maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap
menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari
ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang
sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya
dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan
alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini
hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai
sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan
menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan
web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa
akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk
berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan
menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh
pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada
kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program
keanggotaan dan kemitraan.
CRAWLER
Crawler bertugas untuk
mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks
terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek dari crawler
adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari
robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting
dipahami untuk SEO.
Crawler akan berhadapan
dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti
google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga
crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau
tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan
demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan
halaman situs berisi link ke halaman lain.
Sebuah spider dapat
memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka
ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.
Search engine seperti
Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan
untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript,
hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search
engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman
teks.
Crawlers
Pada Search Engine
Berikut ini adalah
contoh-contoh dari Crawler:
1.
Teleport Pro
Salah satu software web
crawler untuk keperluan offline browsing. Software ini sudah cukup lama
popular, terutama pada saat koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang.
Software ini berbayar dan beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.
HTTrack
Ditulis dengan
menggunakan C, seperti juga Teleport Pro, HTTrack merupakan software yang dapat
mendownload konten website menjadi sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat
dilihat secara offline. Yang menarik software ini free dan dapat di download
pada website resminya di http://www.httrack.com
3.
Googlebot
Merupakan web crawler
untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine Google. Kalau
website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu merupakan jasa dari
Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda akan tersita karena
proses crawling ini.
4.
Yahoo!Slurp
Kalau Googlebot adalah
web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo mengandalkan Yahoo!Slurp.
Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.
YaCy
Sedikit berbeda dengan
web crawler lainnya di atas, YaCy
dibangun atas prinsip jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan
menggunakan java, dan didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer
(disebut YaCy peers). Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi
index, sehingga tidak memerlukan server central.
Contoh search engine
yang menggunakan YaCy adalah Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de) untuk
pencarian dokumen di bidang sains.
Cara
Kerja Web Crawler
Web crawler atau yang
dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk mengumpulkan semua
informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja secara otomatis
dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi serta menyimpan
semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web crawler mengunjungi
sebuah website, maka web crawler tersebut akan mendata semua link yang ada
dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi lagi satu persatu.
Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web disebut dengan web
crawling atau spidering. Beberapa websites, khususnya yang berhubungan dengan
pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui data data mereka.
Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara sebagian atau
keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat di proses lebih
lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk proses
pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web, dan
crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti mengumpulkan
alamat e-mail.
Web crawler termasuk
kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan istilah program
bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan daftar sejumlah
alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap kali sebuah
halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang terdapat
didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya
Cara
Supaya Halaman Web Kita Masuk Dalam Google Crawlers
Tips
Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers pertama :
Membuat sitemap dan
atau daftar isi
Sitemap (peta situs)
blog berfungsi membantu search engine bot menjelajahi, menemukan dan mengindeks
konten blog kita. Jika blog anda berplatform wordpress.org, cara paling mudah
membuat sitemap adalah dengan memasang plugin bernama Google XML sitemaps. Sitemap
sebenarnya hampir sama dengan halaman daftar isi yang sering kita buat di blog,
hanya sitemap berisi kode-kode HTML yang dibaca oleh bot sedangkan daftar isi
untuk dibaca oleh manusia. Jika anda ingin sitemap yang juga berfungsi sebagai
daftar isi, gunakan plugin bernamaDagon Sitemap Generator. Beberapa themes
seperti GoBlog Themes sudah menyediakan sitemap secara default seperti ini:
Sitemap.
Tips
Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers kedua :
Mendaftarkan sitemap di
Google Webmaster Tools
Sitemap blog anda perlu
didaftarkan di Google Webmaster Tools. Google webmaster sendiri penting diikuti
oleh semua pemilik blog agar anda dapat menganalisa semua data yang berkenaan
dengan blog anda. Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui konten mana di blog
yang belum terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di Google Webmaster
Tools, lihat caranya disini.
Setelah terdaftar,
masuk ke bagian “pengoptimalan” >> “peta situs” dan masukkan nama sitemap
blog anda.
Kolom yang perlu diisi
disamping URL blog kita adalah: sitemap.xml, jadi lengkapnya adalah:
namabloganda.com/sitemap.xml
Tips
Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers ketiga :
Internal link
Internal link merupakan
teknik onpage optimization, yaitu salah satu cara yang digunakan dalam SEO
untuk meningkatkan online visibility dari sebuah blog. Internal link adalah
link yang mengarah ke dalam blog kita sendiri. Buatlah link tersebut relevan
dengan topik yang sedang dibahas. Berapa banyak internal link yang perlu
ditambahkan dalam 1 artikel ? Tidak ada patokan, namun buatlah minimal 2 saja.
Satu link mengarah ke homepage dan 1 link mengarah ke artikel lain yang
kategorinya sejenis atau bahkan mengarah ke artikelnya itu sendiri. Internal
link ini sama fungsinya seperti sitemap yaitu memudahkan Google Crawlers
menjelajahi blog kita
SEARCH
ENGINE
Mesin pencari (search
engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk
membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya
dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari
memungkinkan kita untuk meminta content media dengan criteria yang spesifik (
biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar
file yang memenuhi kriteria tersebut.
Cara
Kerja Search Engine
Mesin pencari web
bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang
diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web
crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya.
Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya
(misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di
sebut meta tag ).
Data tentang halaman
web disimpan dalam sebuah database indeks untuk di gunakan dalam pencarian
selanjutnya. Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau
sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi tentang halaman
web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan
memasukin query, biasanya dengan memasukan kata kunci, mesin mencari akan
mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan
kriterianya. Daftar ini biasanya di sertai ringkasan singkat mengenai judul
dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.
Pengelompokan
Search Engine
Search Engine
dikelompokkan ke dalam tiga kelompok utama. Yaitu, primer, sekunder, dan
targeted. Yuk kita bahas satu-satu :
Search
Engine Primer
Search engine primer
adalah jenis search engine yang umum kite kenal salama ini, yaitu Google, Yahoo!,
dan MSN.
Google
The King of Search
Engine, itulah julukan yang diberikan untuk Google. Julukan itu memang pantas
diberikan kepada Google. sebab Google memberikan tingkat ke-akurat-an yang bisa
memuaskan banyak pihak. Seperti juga Yahoo!, Google memang memberikan berbagai
fasilitas tambahan kepada mereka yang menginginkannya. Seperti dalam
pencariannya memuat foto, video dan file yang bersangkutan, dapat
menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman berbahasa Inggris
dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dll..
Tapi sekali lagi
ditekankan bahwa, fasilitas tambahan itu bukanlah penyebab utama kepopuleran
Google. Keakuratan lah yang menyebabkan Google begitu populer. Keakuratan ini
mulai dikembangkan saat para pendesign Google mulai menambahkan faktor link
popularity kedalam teknik perangkingannya.
Kombinasi antara
keyword dan link popularity ini, memberikan tingkat keakuratan yang tinggi jika
dibanding hanya menggunakan keyword saja. Namun perlu diingat juga bahwa, link
popularity dan keyword hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang
diperhitungkan saat Google merangking tingkat relevansi dari suatu web page
terhadap suatu topik.
Yahoo!
Yahoo! adalah sebuah
search engine. Tapi selain search engine, Yahoo! juga memiliki apa yang disebut
dengan Web Directory. Jika kamu belum mengetahui apa yang dimaksud dengan Web
Directory itu, berikut gambarannya secara umum.
Web Directory adalah
kumpulan dari web page yang ada di internet. Web page-web page itu
dikelompokkan kedalam beberapa kategori utama. Dari beberapa kategori utama
ini, dipecah atau dibagi-bagi lagi mencari sub katergori yang lebih spesifik.
Web directory ini
fungsinya mirip dengan search engine, yaitu untuk mencari, mengelompokkan,
kemudian merangking atau mengindex berbagai web page yang ada di internet. Jadi
kita bisa menggunakan web directory ini untuk mencari web page berdasarkan
kategori yang kita inginkan.
Yahoo! sebenarnya pada
awal pembuatannya adalah sebuah web directory. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa
membaca mengenai sejarah Yahoo!. S eiring perkembangannya, Yahoo! akhirnya
dikenal juga sebagai search engine. Namun tidak seperti Google, dalam upayanya
menyediakan fasilitas web search, Yahoo! tidak bekerja sendirian. Yahoo!
bekerjasama dan menggunakan jasa dari pihak ketiga, misalnya Inktomi,
AllTheWeb, AltaVista, Overture, dan juga Google.
Bing
BING mesin pencari yang
baru dari Microsoft, telah datang dan mengambil perhatian banyak orang dengan
cepat. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap
ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live
Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi
dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya,
yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni
teknologi PowerSet.
Teknologi ini
memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di
samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi
historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing
mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu : pencarian halaman
situs atau website, pencarian gambar, pencarian berita, pencarian siapa dan apa
yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Search
Engine Sekunder
Mereka disebut search
engine sekunder karena mereka mempunyai audience atau user yang lebih spesifik.
Search engine yang masuk kedalam kelompok search engine sekunder ini biasanya
memang dibuat dan ditujukan khusus untuk kalangan tertentu saja. Misalnya untuk
pengguna dari negara-negara tertentu saja.
Search engine sekunder
mungkin memang tidak memberikan traffik sebanyak search engine primer. Antara
lain itu disebabkan oleh keterbatasan seperti yang sudah disebutkan diatas.
Search engine sekunder
dibuat dan ditujukan untuk kalangan spesifik, yang artinya mereka punya
audience atau user yang spesifik pula. Jika kebetulan search engine tersebut
memiliki audience yang sama dengan audience yang menjadi target kita maka
traffic yang kita dapatkan dari search engine sekunder ini adalah memang
traffik yang menjadi target utama kita. Itu artinya kita tidak perlu
repot-repot lagi mencari orang-orang yang menjadi target utama kita. Kita cukup
memfokuskan diri pada search engine sekunder yang mempunyai audience yang sama
dengan audience yang menjadi target dari usaha SEO yang kita lakukan.
Seperti juga search
engine yang termasuk dalam kelompok primer, search engine sekunder ini juga
mempunyai algoritma yang berbeda dalam hal merangking. Mereka mempunyai
penekanan pada kriteria yang berbeda-beda dalam hal penentuan rangking. Ada
yang lebih menekankan pada penggunaan keyword, sementara yang lain lebih
menekankan pada link, dan seterusnya.
Search engine sekunder
ini tidak bisa kita abaikan saat kita mulai membuat perencanaan SEO. Seperti
yang sudah dikatakan tadi, walau mungkin traffic yang mereka berikan tidak
sebanyak traffik dari search engine primer, namun traffik tetaplah traffik.
Lycos, Miva, LookSmart, Ask.com, dan Espotting adalah contoh-contoh search
engine yang termasuk dalam kelompok sekunder.
Targeted
Search Engine
Targeted search engine
terkadang disebut juga topical search engine. Yaitu search engine yang lebih
spesifik dari yang spesifik. Search engine ini biasanya dibuat untuk melayani
user-user yang mempunyai ketertarikan pada topik-topik yang tertentu.
Topik-topik ini biasanya bersifat umum, misalnya masalah kesehatan, bisnis,
pendidikan, teknologi, dan sejenisnya.
Contoh-contoh search engine
targeted ini misalnya, CitySearch, Yahoo! Travel, dan MusicSearch. Seperti juga
search engine sekunder yang kita bicarakan diatas, traffik yang ke atau dari
search engine kelompok targeted ini adalah traffik yang benar-benar spesifik.
Carilah search engine targeted yang mempunyai relevansi dengan topik yang
menjadi target usaha SEO yang kita lakukan.
WEB
ARCHIVING
Definisi
Web Archiving
Pengarsipan web (Web
Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi
tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses
peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Cara
Kerja Web Archiving
Yang paling umum web
pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses
pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara
yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser untuk
menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh
Web Archiving
Berikut Ini adalah
Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:
• Archive-it : Sebuah
Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk
Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah
Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar
dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah
Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi
Finansial, brand heritage Dll.
Sumber
:
http://211093awan.wordpress.com/
http://www.seputarseo.com/tag/periksa-skor-google-page-speed-dan-yahoo-yslow
http://kafegue.com/kabar-gembira-ekstensi-yslow-kini-hadir-di-google-chrome/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12936390
http://www.statshow.com
http://www.iwebtool.com/speed_test
http://sengineku.blogspot.com/2010/10/arti-dan-fungsi-crawler.html
http://blog.um.ac.id/corianna/2011/12/14/search-engine-web-crawler/
http://ahmadfaza.com/cara-kerja-web-crawler.html
http://annunaki.me/2012/12/25/tips-agar-sering-didatangi-oleh-google-crawlers/
http://mediarie.blogspot.com/2011/07/melihat-perbedaan-search-engine_12.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_archiving
Tidak ada komentar:
Posting Komentar