Protoman - Mega Man

Pages

Kamis, 27 Oktober 2011

Hidup Sebuah Permainan

                       Pada setiap manusia mempunyai pemikiran yang individual,manusia di dunia mempunyai kepentingan individu yang sangat berbeda-beda,bisa dibilang itulah yang menyebabkan terjadinya konflik,tetapi itu juga bisa dibilang berkembangnya kebudayaan secara tidak di sengaja,karena konflik individu manusia akan mempunyai keragaman yang berbeda,pada setiap individu manusia ia mempunyai sifat tidak merasa puas,karena itulah wayahnya manusia..
                      Pada setiap individu juga ada latar belakang dari setiap individu itu sendiri,yaitu keluarga.keluargalah yang menjadi latar belakang dari individu manusia,karena tanpa ada keluarga tidak akan tercipta individu manusia,keluarga adalah tempat yang sangat penting bagi setiap individu manusia,karena berawal dari keluarga manusia bisa mengetahui sekitar kita,bisa tahu lingkungan yang seperti ini dan bisa juga terjun langsung ke dalam lingkungan masyarakat dan keluarga itulah tempat berkumpul kita dengan kakak kita dan kedua orang tua kita yang mengajari kita segala hal dan  menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.
 didalam keluarga juga banyak segala peraturan yang dibuat Sosialisasi antar anggota keluarga supaya  mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik dengan lingkungan sekitar kita yang ada dirumah.
                    Sampai pada akhirnya kita sebagai individu bisa menjadi masyarakat berkat campur tangan dari keluarga,manusia harus bisa mengikuti alur pergaulan pada masyarakat zaman sekarang,harus bisa pula menjadi masyarakat yang berguna buat masyarakat lainnya,karena kita makhluk yang sosial tanpa masyarakat lainnya kita bisa dibilang tidak hidup,masyarakat lah tempat paling akhir kita mengetahui dan belajar inilah lingkungan,dunia,pergaulan,dsb..
               
            Hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat.

            Menurut blog Bobbyantarestio; Keluarga dengan berbagai fungsi yang dijalankan adalah sebagai wahana dimana seorang individu mengalami proses sosialisasi yang pertama kali, sangat penting artinya dalam mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi.

           Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat, keluarga mempunyai korelasi fungsional dengan masyarakat tertentu, oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadi seorang yang berpribadi hendaknya diarahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada, sehingga seorang individu menjadi seorang yang dewasa dalam arti mampu mengendalikan diri dan melakukan hubungan – hubungan sosial di dalam masyarakat yang cukup majemuk.

              Masyarakat adalah kelompok manusia yang saling berinteraksi yang memiliki prasarana untuk kegiatan tersebut dan adanya saling keterikatan untuk mencapai tujuan bersama. Masyarakat adalah tempat kita bisa melihat dengan jelas proyeksi individu sebagai bagian keluarga, keluarga sebagai tempat terprosesnya, dan masyarakat adalah tempat kita melihat hasil dari proyeksi tersebut.

        Individu yang berada dalam masyarakat tertentu berarti ia berada pada suatu konteks budaya tertentu. Pada tahap inilah arti keunikan individu itu menjadi jelas dan bermakna, artinya akan dengan mudah dirumuskan gejala – gejalanya. Karena di sini akan terlibat individu sebagai perwujudan dirinya sendiri dan merupakan makhluk sosial sebagai perwujudan anggota kelompok atau anggota masyarakat.

         Aspek individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Keempatnya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga, masyarakat maupun kebudayaan apabila tidak ada individu. Sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Di samping itu, individu juga membutuhkan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.

           Lingkungan sosial yang pertama kali dijumpai individu dalam hidupnya adalah lingkungan keluarga. Di dalam keluargalah individu mengembangkan kapasitas pribadinya. Di samping itu, melalui keluarga pula individu bersentuhan dengan berbagai gejala sosial dalam rangka mengembangkan kapasitasnya sebagai anggota keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar